Para Hacker Akan Unlock iPhone

Selain hanya bisa digunakan oleh pelanggan AT&T, iPhone juga hanya dapat diaktivasi lewat bantuan iTunes. Namun ada seorang hacker telah berhasil memisahkan sistem yang terikat pada iPhone. Dengan kata lain, mereka tidak membutuhkan iTunes untuk mengaktifkan iPhone.

Sebelumnya, tiga hari yang lalu, Senin 2 Juli 2007, seorang hacker lain mengaku mampu meng-unlock iPhone dalam waktu seminggu. Kini, belum sampai seminggu, mereka mengabarkan perkembangan proses unlocking yang sudah mencapai tahap unlock aktivasi tanpa menggunakan software iTunes. Proses pengaktivasian ini menggunakan software buatan hacker untuk sistem operasi Windows dan Mac. Software ini pun dapat digunakan untuk mengaktivasi banyak ponsel iPhone lainnya.

Sayangnya aktivasi ‘ilegal’ ini belum memungkinkan iPhone untuk digunakan sebagai alat komunikasi walaupun fitur iPod dan koneksi wi-finya sudah berfungsi dengan baik. Setidaknya ini membuktikan bahwa usaha hacker untuk melepas lock AT&T pada iPhone tinggal selangkah lagi.

“Proses unlocking ini akan menggunakan teknologi standar yang biasa digunakan untuk meng-unlock ponsel lainnya. Unlocking merupakan sebuah fungsi dari radio frekuensi yang digunakan dan logika interaksi radio dengan Subscriber Identity Module (SIM),” kata hacker dengan nickname gj, melalui percakapan Internet Chat Relay (IRC) dengan IDG News Service, seperti dikutip YahooNews, Kamis (5/7/2007)

Hal ini merupakan pembuka jalan bagi hacker untuk melepaskan keterikatan AT&T pada iPHone. Melepaskan lock pada iPhone berarti memungkinkan pengguna iPhone untuk tidak terikat kontrak layanan dengan AT&T. Bahkan pengguna dapat menggunakan operator lain di Amerika sebagai layanan jaringan komunikasi iPhone.

Para hacker saling bekerja sama untuk meng-unlock iPhone tanpa melibatkan perusahaan mana pun, bahkan mereka belum berpikir untuk mengganti pekerjaan ini dengan uang. “Apple dan AT&T merupakan dua perusahaan besar. Sangat disayangkan jika mereka mengeluarkan perangkat dengan banyak proses keamanan. Mereka bisa saja meraih pasar pengguna yang lebih banyak di Amerika dengan mudah jika mereka mau sedikit terbuka,” tambah gj.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: